Trend Harga dan Tips Printer

Cara Mengeluarkan Kertas Tersangkut di Printer Epson L3110

Artikel ini akan menginformasikan tentang cara mengeluarkan kertas yang tersangkut di printer Epson L3110. Tersangkutnya kertas di dalam printer diistilahkan dengan paper jam. Sepengetahuan kami, hampir semua merk printer tidak luput dari masalah ini, tak terkecuali printer Epson L3110. Beberapa penggunanya melaporkan masalah paper jam pada printer Epson L3110 saat digunakan untuk mencetak dokumen.

Printer Epson L3110

Cara Mengeluarkan Kertas yang Tersangkut di Printer Epson L3110

Terkadang, printer Epson L3110 ini normal ketika dihidupkan. Tetapi, saat digunakan untuk mencetak dokumen, kertasnya macet. Tidak lama setelah itu, lampu indikator kertas berkedap-kedip atau blinking. Kebanyakan pengguna ketika mengalami masalah ini langsung menarik paksa kertas yang macet. Padahal, cara ini sangat beresiko karena bisa membuat pegas roll printer rusak atau patah.

Lantas, bagaimana cara aman untuk mengeluarkan kertas yang tersangkut di printer Epson L3110? Nah, di bawah kami akan menunjukkan cara mengatasi masalah paper jam pada printer Epson L3110. Cara ini dijamin aman, tidak menyebabkan kerusakan pada printer Anda.

Baca Juga:
Yuk, mari kita simak bersama uraiannya...

Cara Mengeluarkan Kertas yang Tersangkut di Printer Epson L3110

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan saat printer Epson L3110 Anda mengalami paper jam (kertas tersangkut):
  • Siapkan obeng plus yang cocok dengan ukuran baut printer
  • Bongkar printer Epson L3110 dengan cara melepas dua baut yang ada di depan (kiri dan kanan atas)
  • Setelah itu, angkat  ke atas bagian atas printer dengan hati-hati. Anda akan melihat kabel fleksibel di sisi kanan printer.
bongkar printer epson L3110 paper jam
  • Lepaskan kabel fleksibel tersebut agar penutup atas printer bisa dipisahkan.
  • Setelah penutup dipisahkan, Anda bisa langsung melihat kertas yang macet
  • Tarik kertas secara perlahan sambil mengangkat sedikit roll kertas di bagian atas
  • Kemudian, cari penyebab mengapa kertas bisa tersangkut saat melakukan print, biasanya ada benda yang menghalangi keluarnya kertas.
  • Setelah benda yang menahan kertas di keluarkan, rakit kembali printer seperti semula, pasang kabel fleksibel dengan hati-hati, kencangkan bautnya.
  • Printer siap untuk digunakan
Sebenarnya, inti dari keseluruhan proses di atas adalah mengeluarkan benda yang menahan keluarnya kertas. Cara di atas memiliki kelemahan, khususnya bagi printer yang garansinya masih berlaku. Akibat pembongkaran tersebut, garansi printer Epson L3110 menjadi hangus. 

Jadi, sebelum memutuskan untuk membongkar printer Epson L3110, Anda harus menerima kenyataan bahwa garansi printer Anda nantinya tidak berlaku lagi. Kecuali kalau memang garansinya telah habis, maka proses di atas tidak menjadi masalah lagi.

Cara Mengeluarkan Kertas yang Tersangkut di Printer Epson L3110 Tanpa Bongkar

Ada juga kasus di mana masalah paper jam atau tersangkutnya kertas ini bisa diselesaikan tanpa melakukan pembongkaran printer. Cara ini berlaku bagi benda penahan yang tidak terlalu jauh di dalam printer. Hanya dengan membuka cover depan printer, benda tersebut akang langsung terlihat. Kita bisa menggunakan pingset untuk menariknya dengan hati-hati.

Penyebab Umum Kertas Tersangkut (Paper Jam) pada Printer

Selain karena ada benda asing yang menahan keluarnya kertas dari printer, kertas yang tersangkut (paper jam) bisa juga disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:
  1. Kertas yang digunakan untuk mencetak dokumen telah rusak, kusut, atau sobek
  2. Kertas yang digunakan agak lembab
  3. Tanpa di sadari, terdapat staples pada kertas
  4. Roll penarik kertas macet
  5. Per atau pegas roll patah atau terlepas
Demikianlah penjelasan tentang Cara Mengeluarkan Kertas yang Tersangkut di Printer Epson L3110. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Cara Mengeluarkan Kertas Tersangkut di Printer Epson L3110 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Printersiana

0 komentar:

Post a Comment