Spesifikasi Canon PIXMA Ink Efficient E600

(Printersiana). Pada kesempatan ini, kami akan mengulas printer Canon PIXMA Ink Efficient E600. Canon PIXMA Ink Efficient E600 merupakan salah satu produk printer inkjet dari Canon yg menawarkan efisiensi cetak tanpa mengorbankan kualitas. Printer ini merupakan printer multifungsi all in one yg sudah dilengkapi fitur print, scan, copy, dan fax. Printer ini sebenarnya sudah diperkenalkan di Indonesia pertengahan tahun lalu, dan masih beredar di pasaran Indonesia sampai sekarang. Canon menawarkan solusi lewat Canon PIXMA Ink Efficient E600 yg mengedepankan efisiensi penggunaan tinta tanpa mengurangi kualitas cetak. Printer dengan dimensi fisik 458 x 385 x 200 mm dan berat 8,5 kg ini terlihat cukup elegan dengan paduan hitam glossy dan doff pada body printer. Bentuknya jauh berbeda dengan saudaranya Canon Ink Efficient E500 atau E510, bahkan lebih mirip dengan Canon Pixma MX377.
Printer Canon PIXMA Ink Efficient E600
Terdapat panel control yg cukup friendly di sebelah kanan. Ada tombol soft power dengan backlit LED di sebelah kiri layar dan bagian fax ke kanan. Terdapat tombol-tombol untuk langsung scan maupun copy di bagian atas printer. Tombol pindai atau scan yg terasa cukup nyaman memungkinkan Anda memindai langsung ke PC melalui mode Auto Scan, yg secara otomatis mengenali jenis dokumen dan scan optimal serta menyimpan pengaturan file hasil scan. Terdapat Auto Document Feeder pada bagian atas printer yg dapat membantu dalam proses scan dan copy dengan printer ini. ADF nya dapat menampung hingga 30 lembar kertas.

Dengan teknologi Hybrid System Cartridge, printer ini diklaim oleh Canon mampu mencetak dengan resolusi mencapai 4800 x 1200 dpi. Printer ini mampu mencetak dengan media kertas ukuran A4, Letter, Legal, A5, B5, Envelopes (DL, COM10), 4 x 6", 5 x 7", dan 8 x 10. Kecepatan cetaknya sekitar 8,9 ipm (image per minute) untuk pencetakan monokrom, dan 5,2 ipm untuk mode pencetakan full colour. Printer Canon PIXMA Ink Efficient E600 menggunakan scanner jenis flatbed dan juga dapat dilakukan melalui ADF (Auto Document Feeder) yg terdapat pada printer ini. Dengan ADF scan menjadi lebih mudah dan cepat karena dapat menghemat waktu langsung scan beberapa file yg dimasukkan lewat ADF tanpa perlu meletakkan dokumen satu persetu di bagian scan flatbed di dalam printer. Maksimal dokumen yg dapat ditampung di ADF printer ini adalah 30 lembar. Scan atau memindai kertas ukuran A4, letter, dan legal (folio) pun menjadi lebih mudah. Resolusi scan nya dapat mencapai 1200 x 2400 dpi dengan kecepatan scan berkisar 20 detik untuk satu dokumen A4 full warna.  

 Printer Canon PIXMA Ink Efficient E600 memiliki kemampuan copy speed hingga 2,5 copy per menit untuk dokumen monokrom dan 37 detik untuk copy dokumen warna. Resolusi copy printer multifungsi ini mampu hingga 600 x 300 dpi. Setiap perintah copy pada printer ini maksimum hingga 20 copy atau salinan. Jika memang tidak terlalu dibutuhkan, jangan terlalu sering menggunakan printer ini untuk mencopy dokumen karena cukup menguras tinta cartridge apalagi jika tidak menggunakan system infus. Fitur faxnya pun tidak terlalu mengecewakan. Dengan Super G3 Technology, perangkat fax printer ini mampu mencapai kecepatan fax warna hingga 33,6 kbps dan dapat mengirim fax dengan kertas ukuran A4 hanya sekitar 3-5 detik. Terdapat memori internal yg dapat menyimpan sampai dengan 50 fax selama printer masih terkoneksi dengan jaringan telepon. 

Canon PIXMA Ink Efficient E600 yg dibanderol dengan harga resmi satu jutaan ini, selain memiliki fitur Print, Scan, Fax, dan Copy, juga dilengkapi dengan tinta yg memiliki kapasitas cukup besar, dimana 1 cartridge tinta hitamnya (PG-88) dapat mencetak dokumen ukuran A4 sampai dengan 800 halaman. Canon mengklaim, banyaknya hasil cetakan yg dihasilkan, bukan berarti membuat kualitas cetakan menurun, karena Canon PIXMA E600 sudah menanamkan teknologi FINE (Full-photolithography Inkjet Nozzle Engineering) yg membuat setiap tetesan tinta keluar secara konsisten, sehingga hasil cetakan menjadi sangat mengesankan. Canon PIXMA Ink Efficient E600 berbasis 4-colors system ink jet ( hitam, kuning, merah, magenta ) memberikan tingkat penghematan biaya serta waktu dikarenakan penempatan tabung tinta hitam atau cartridge warna hitam yg lebih besar sehingga mampu menyimpan volume tinta lebih banyak.

Bahkan, dengan teknologi ChromaLife 100+, hasil cetak menggunakan kertas foto terbaik diklaim mampu bertahan sampai 100 tahun. Selain untuk mencetak dokumen, Canon PIXMA E600 juga cocok untuk mencetak foto karena menggunakan Canon Hybrid System yg memadukan jenis tinta Dye dan Pigment untuk mendapatkan kualitas cetak yg optimal. Untuk cartridge warna CMY, printer ini menggunakan jenis cartridge Canon CL-98 sedangkan cartridge Black-nya menggunakan Canon PG-88. Canon menempatkan cartridge di bagian depan printer dan memudahkan penggantian cartridge dari front cover depan secara langsung serta paper tray yg terletak di bagian depan printer (fast front). cukup.

Sekian ulasan tentang Spesifikasi Canon PIXMA Ink Efficient E600, semoga bermanfaat.

Source

0 komentar:

Post a Comment